Percobaan 6
8X SWITCH SPDT & LCD
1. Foto Hardware dan Diagram Blok [Kembali]
Arduino Uno
LCD 16x2
Push Button
Diagram Blok:
2. Prosedur Percobaan [Kembali]
1. Susun semua komponen.
2. Buat program menggunakan aplikasi Arduino IDE.
3. Unggah program ke Arduino setelah selesai.
4. Jalankan program pada simulasi dan uji dengan modul.
2. Buat program menggunakan aplikasi Arduino IDE.
3. Unggah program ke Arduino setelah selesai.
4. Jalankan program pada simulasi dan uji dengan modul.
Rangkaian Simulasi
Prinsip Kerja
Pada percobaan 6 merupakan percobaan switch spdt dan LCD. Rangkaian ini terdiri dari beberapa komponen yaitu, Arduino Uno (ATMEGA328P-PU) sebagai mikrokontroler, push button switch spdt sebagai tombol inputan, kabel jumper untuk menghubungkan rangkaian elektrikal, potensiometer, serta LCD 16x2 sebagai penampil output dari tombol yang ditekan.
Prinsip kerja rangkaian ini adalah ketika misalnya tombol push button warna merah ditekan, maka input yang masuk ke mikrokontroler adalah berlogika 1 untuk tombol push button warna merah. selain itu akan bernilai logika 0. Program Arduino yang telah dibuat diinisasikan bahwa ada inputan berlogika 1 yang masuk dari salah satu tombol push button, maka akan dikeluarkan output pada lcd nama warna push button yang ditekan tersebut. Misalnya, yang ditekan adalah push button warna merah, maka output pada LCD akan menampilkan tulisan "MERAH". Program arduino pada percobaan ini dirancang untuk menampilkan nama warna push button yang ditekan pada LCD. Kemudian potensio meter pada rangkaian ini berfungsi untuk mengatur kontras pada LCD 16x2.
4. Flowchart dan Listing Program [Kembali]
Listing Program:
#include <Keypad.h>
#include <LiquidCrystal.h>
// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
void setup() {
// Setup serial monitor
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Get key value if pressed
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey) {
// Print key value to serial monitor
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
lcd.print(customKey);
}
}
#include <LiquidCrystal.h>
// Constants for row and column sizes
const byte ROWS = 4;
const byte COLS = 4;
// Array to represent keys on keypad
char hexaKeys[ROWS][COLS] = {
{'1', '2', '3', 'A'},
{'4', '5', '6', 'B'},
{'7', '8', '9', 'C'},
{'*', '0', '#', 'D'}
};
// Connections to Arduino
byte rowPins[ROWS] = {9, 8, 7, 6};
byte colPins[COLS] = {5, 4, 3, 2};
// Create keypad object
Keypad customKeypad = Keypad(makeKeymap(hexaKeys), rowPins, colPins, ROWS, COLS);
LiquidCrystal lcd(A0, A1, A2, A3, A4, A5);
void setup() {
// Setup serial monitor
Serial.begin(9600);
lcd.begin(16, 2);
}
void loop() {
// Get key value if pressed
char customKey = customKeypad.getKey();
if (customKey) {
// Print key value to serial monitor
lcd.setCursor(0, 0);
lcd.print("Tombol :");
lcd.print(customKey);
}
}
Menggunakan 8 Push Button untuk menampilkan nama warna push button yang ditekan pada LCD 16x2
Download HTML
Download Program
Download Video Simulasi
Datasheet :
Download Datasheet LCD
Download Datasheet Arduino Uno
Download Datasheet Push Button
Download Datasheet Potensiometer
Tidak ada komentar:
Posting Komentar